Sabtu, 03 September 2016

Cara Simple Menaikan Posting di Search Engine Terbaru


Asalamu'alaikum Wr.Wb ,sebenarnya cara nya tidak se simple seperti judul diatas karena untuk melakukanya harus penuh dengan perjuangan.Untuk menaikan postingan kita yang berhubungan dengan ranking mesin pencari, hal pertama yang mesti kita tau adalah ‘Web Page’ atau halaman website. Yang sedang anda buka sekarang ini adalah web page, dan disitu, di dalamnya, mengandung keyword-keyword atau kata kunci yang kemudian di-index (direkam) oleh Google. Sehubungan dengan web pages ini Google memberikan apa yang disebut dengan Google PageRank dan Search Result Ranking, keduanya sangat berkaitan dalam menentukan posisi website di search engine Google.




Yang dimaksud dengan ‘Search result ranking’ adalah posisi web page suatu website dari hasil pencarian suatu query yang diketikkan oleh orang ketika mencari sesuatu melalui mesin pencari Google. Sedangkan ‘PageRank’ adalah ranking dengan nilai 0 sampai 10. Semakin tinggi Google’s PageRank suatu web pages semakin besar ‘kemungkinan’ website tersebut untuk ditampilkan di urutan pertama hasil pencarian Google. Detik.com misalnya memiliki PageRank 7 sedangkan Google sendiri memiliki PageRank 10. Google PageRank biasanya di update oleh Google setiap 3 bulan sekali dengan begitu para pemilik website bisa meningkatkan atau mengevaluasi ranking websitenya setiap waktu.



Apabila anda ingin mengetahui PageRank suatu website atau tepatnya webpage (karena pegerank setiap web page meskipun satu website itu beda-beda) bisa meng-install Goolge PageRank toolbar atau mengeceknya langsung di situs penyedia pagerank checker. Bila anda menggunakan Mozilla Firefox add on seperti SeachStatus bisa anda gunakan untuk mengecek pagerank suatu halaman sekaligus menampilkan Alexa-nya.
Berdasarkan informasi singkat di atas, kita sekarang memiliki gambaran bagaimana Google meranking website. Nah, agar website kita berada di urutan pertama hasil pencarian Google hal sederhana yang bisa kita lakukan adalah:

  • Link Building,Prinsipnya semakin banyak orang yang bercerita atau merefer/me-link ke website kita dari website/blog lain link popularity website kita akan semakin tinggi dan begitu pula posisinya di search engine (termasuk pagerank). Untuk melakukan link building, sebarlah link website antara lain dengan melakukan directory bookmarking dan social bookmarking di situs-situs seperti digg.com, technorati, termasuk facebook.com, twitter.com dll, tukeran link dengan blog-blog lain, dlsbnya. Link building ini dilakukan dengan cara yang ‘bersih’ yang tidak melanggar aturan Google, misalnya jangan melakukan link building dari situs dengan bad neighbor karena bukannya akan meningkatkan popularitas website, situs-situs tersebut akan menurunkan rankingnya.
  • Menggunakan Keyword atau kata kunci yang ingin di-optimize. Misalnya anda ingin optimize keyword ‘kaos unik dan murah’ maka dalam tulisan di dalam website/blog mesti mencantumkan keywords tersebut. Jangan sampai di halaman website kita tidak ada satu kata pun kata yang menyebut ‘kaos unik dan murah’. Dianjurkan kata tersebut dipake di title tulisan dan di awal paragraf tapi jangan overuse dan hindari keyword stuffing karena bisa-bisa Google menganggapnya spam, Cukup diulang dua sampai tiga kali saja. Usahakan menulis se-natural mungkin tanpa perlu memaksakan untuk menyisipkan kata kunci tersebut.
  • Menggunakan TITLE tag. Title tag biasanya ditempatkan di HTML header website. Bila anda menggunakan CMS WordPress tersedia plugin All in One Seo Pack, kita tinggal mengisinya dengan keyword yang ingin di-optimize.
  • Menggunakan keyword-rich anchor text atau keyword yang memiliki link. Di tulisan ini anda bisa melihat keywords yang diberi link. Kita selalu bisa melakukan ini untuk tulisan kita sebelumnya, me-link ke tag, category, postingan lainnya, dll. 

Faktor pendukung lainnya adalah :

  • Gambar
Template blog yang bagus dan bisa mempengaruhi posisinya di google adalah minim penggunaan gambar di dalamnya. Memang tidak akan mempengaruhi ranking artikel di mesin pencari, tapi secara tidak langsung akan memberi dampak pada jumlah pengunjungnya, karena jika mereka harus menunggu lama hanya untuk membaca 1 artikel saja disebabkan loadingnya yang lambat maka bisa dipastikan visitor tersebut akan lebih memilih menutupnya dan beralih ke website lain. Hal yang paling perlu diperhatikan di sini adalah gambar latar dari templatenya, disarankan sebaiknya gunakan kode warna saja.
  • Widget
Kebanyakan blogger pemula yang juga ingin blognya muncul di halaman pertama google tidak memperhatikan soal penggunaan widget, kebanyakan dari mereka asal pasang saja sekalipun tidak penting, padahal efeknya akan mengakibatkan loading blog juga semakin melambat, selain itu belum tentu semua yang kita pakai akan digunakan orang, misalnya widget tanggal, animasi, dan lainnya. Jika ingin meniru para Master, umumnya mereka hanya menggunakan widget Artikel Terpopuler dan Terbaru serta Like Box media sosial untuk menambah pembaca blog mereka, selebihnya mereka hindari karena tidak baik buat SEO. 

Semoga dengan kunci tersebut menaikan rangking posting kita,tapi jangan lupa untuk selalu berusaha dan pantang menyerah,Terima kasih.
Salam..




EmoticonEmoticon