Tuesday, September 6, 2016

Komputer anda lambat? ini caranya

Asalamu'alaikum wr. wb. ,Terkadang kita sebal ketika komputer kita atau laptop berjalan dengan lambat ketika kita gunakan.Sebenarnya Ada banyak masalah yang dapat memperlambat komputer Anda, bahkan file sampah yang tidak begitu penting dapat memperlambat sistem jika jumlahnya banyak. Jika Anda menjalankan sistem operasi Windows di komputer Anda baik Windows 7, Windows 8 atau 8.1, ada banyak cara untuk membersihkan sampah file dengan mudah dan aman. Berikut adalah panduan sederhana untuk menyingkirkan file-file sampah yang tidak diperlukan.
 
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk membersihkan file-file sampah yang tidak berguna dan membuat sistem berjalan lebih cepat lagi.  Berikut ini cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software:

Cara 1: Menggunakan Run
Menggunakan Run dari komputer/laptop Anda merupakan cara yang sangat mudah membersihkan file sampah. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Dari laptop/komputer Anda tekan tombol Windows+R (pakai keyboard) untuk membuka jendela Run. Di jendela Run ketik  %temp% , setelah itu tekan ok atau enter. Akan terbuka jendela File Explorer baru yang berisi file temporary, cukup hapus semua file dan folder yang ada. Atau bisa juga tekan Ctrl+A, kemudian delete.
  •  Setelah itu tekan kembali tombol Windows+R. Setelah terbuka ketik Temp. Selanjutnya pilih continue, hapus juga semua file yang ditampilkan.
  • Terakhir tekan tombol Windows + R dan kemudian ketik Prefetch, sama seperti langkah di atas hapus semua isi file dan folder yang ditampilkan.
Cara 2: Menggunakan Windows Disk Cleanup
Cara lain menghapus file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software adalah dengan windows disk cleanup. Berikut langkah-langkahnya:
  • Buka All Programs > Accesories > System Tools.  Akan muncul jendela yang berisi banyak sekali tool yang dapat kita gunakan, pilih Disk Cleanup.
  • Untuk membersihkan file sampahnya, anda tinggal memilih partisi mana yang ingin Anda bersihkan. Misalnya kita ingin membersihkan file sampah di C. Pilih C, klik Ok. Selesai.
Cara 3: CCleaner
CCleaner adalah perangkat lunak yang cukup sederhana dan powerful untuk menghapus dan membersihkan semua file sampah seperti Cookies, history browser, file temporary dan banyak lagi. CCleaner menjadi pilihan banyak orang karena banyaknya fasilitas yang disedikan seperti Registry Cleaner, administrasi Program Aplikasi, System Restore, Drive Wiper dan lain-lain. Jika Anda ingin membersihkan file sampah menggunakan software, Anda dapat mencoba CCleaner.Download Disini


Cara Membersihkan File Sampah di Windows
Untuk menggunakannya cukup klik tombol Analyze dan tunggu beberapa saat hingga muncul item-item apa saja yang dapat kita bersihkan. Setelah itu klik tombol Run Cleaner.

Treeenggg...Selamat!! Kini komputer/laptop Anda sudah bersih dari file sampah.Untuk itu Lakukanlah cara di atas minimal seminggu sekali atau ketika Anda sudah merasa komputer Anda lemot/lambat. Bagi Anda yang masih bingung, silahkan bertanya melalui kolom komentar di bawah posting ini.Terima kasih

salam,
 

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments