Tuesday, September 27, 2016

Tools Dasar Untuk Optimasi Website GRATIS

Tools adalah  benda yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan kita sehari-hari (hahaaa...) . Dalam proses belajar SEO yang anda lakukan, tentunya anda perlu mengetahui beberapa tools yang bisa membantu anda untuk mendapatkan hasil optimasi yang terbaik untuk website anda. Bisa dipastikan 100% anda akan memerlukan peralatan gratis ini.
Jadi langsung saja kita lihat tools dasar apa saja yang bisa anda pakai secara gratis dari internet dalam proses optimasi SEO dari website anda.

GOOGLE WEBMASTER TOOLS



Jika tujuan anda untuk melakukan optimasi dari mesin pencari Google, maka sudah pasti anda perlu menghubungkan website anda dengan Google Webmaster Tools. Anda perlu mempelajari bagaimana cara menghubungkan website anda dengan Google Webmaster Tools. Bagi anda pengguna blogspot (atau blogspot yang beralih ke TLD, anda sudah tidak perlu mendaftarkan blog anda, karena sudah otomatis terhubung saat anda login ke akun blog anda.
Anda bisa mengunjungi halaman Google webmaster tools di https://www.google.com/webmasters/tools/

Jika anda mengetahui cara menggunakan Google Webmaster Tools ini, maka anda akan bisa memantau banyak hal dari perkembangan website anda. Sebut saja beberapa hal penting di bawah ini:
  • Perkembangan posisi kata kunci anda
  • Pertambahan variasi kata kunci
  • Error di dalam HTML
  • Pesan jika ada penalty
  • Error dalam Perayapan (seperti halaman hilang 404)
  • Fetch as Google untuk melihat apakah halaman web anda bisa dirayapi oleh Google
  • Memasukkan sitemap untuk membantu mempercepat pengindeksan
  • Jumlah backlink, dan
  • Penentuan target wilayah pencarian, dll
Jadi awali optimasi website anda dengan menghubungkan website anda dengan Google Webmaster Tools. Untuk panduan lengkapnya anda bisa Googling CARA MENGGUNAKAN GOOGLE WEBMASTER TOOLS, karena artikel di blog ini baru akan diperbarui.

PAGESPEED INSIGHT

Ini adalah tools yang disediakan oleh Google untuk membantu anda melihat apakah halaman web anda mempunyai kecepatan muat yang baik. Ada pengaruh besar kecepatan loading halaman web terhadap SEO anda. Google menerapkan batas waktu untuk proses perayapan, jadi jika halaman web anda terlalu berat, maka halaman web anda tidak akan dirayapi atau tidak dirayapi secara keseluruhan (hanya sebagian saja).
 

 
 
Jadi silahkan kunjungi halaman pagespeed insight di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/

Cukup masukkan URL halaman yang ingin anda cek dan tekan enter, maka Google akan memeriksa kecepatan muat dari halaman web anda. Akan ada masukan dari Google untuk meningkatkan kecepatan muat dari halaman web anda. Tentunya ini masih dalam bahasa inggris, jadi kalau anda tidak paham bahasa inggris, maka anda bisa meminta bantuan yang mampu.

Tapi sebelumnya anda bisa membuat pertimbangan anda sendiri apakah memang itu diperlukan atau tidak. Anda bisa mencoba membuka halaman web anda sendiri, dan jika anda cukup puas dengan kecepatannya, maka biarkan saja.... Selama masih bisa dirayapi dengan baik, maka anda tidak akan mendapatkan masalah apapun.

MOBILE FRIENDLY TEST

Saat ini sudah lebih dari separuh pencarian dilakukan dengan menggunakan perangkat mobile. Anda bisa kehilangan banyak hasil pencarian kalau website anda tidak mobile friendly. Kenapa bisa seperti itu? Karena Google akan mengedepankan website yang mobil friendly untuk pencarian dari gadget mobile. jika gadget anda tidak mobile friendly, maka peringkat anda akan turun di pencarian mobile.

Untuk menggunakan tool SEO dan mengecek apakah website anda sudah mobile friendly anda bisa mengaksesnya di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/

Tinggal masukkan URL anda dan biarkan tools ini mengecek beberapa saat. Jika website anda belum mobile friendly anda bisa memperbaikinya, atau mengganti theme yang mobile friendly, atau meminta bantuan untuk mengedit theme dari website anda.

SEOQUAKE

Ini adalah addons untuk browser firefox dan chrome yang bisa membantu anda untuk melakukan analisa onpage dengan sangat cepat. Anda bisa mempergunakan ANALISA untuk melihat title, meta description, heading, dan masih banyak lagi. Alat ini juga menyediakan masukan perbaikan yang bisa anda pakai untuk memperbaiki halaman web anda.

SEOQUAKE ini memberikan sangat banyak parameter yang bisa anda pilih untuk melihat pertumbuhan dari website anda. Anda bisa melakukan Googling untuk SEOQUAKE FIREFOX atau SEOQUAKE CHROME untuk memasang addons ini ke website anda. Atau anda juga bisa Googling Cara Menggunakan SEOQUAKE TERBARU, karena artikel di blog saya ini belum diupdate, dan SEOQUAKE saat ini sudah banyak mengalami perubahan.

UBERSUGGEST

Jika anda adalah orang yang bingung untuk mencari ragam variasi kata kunci untuk artikel anda, maka ubersuggest bisa membantu anda mendapatkan varian kata kunci yang bisa anda pertimbangkan. Ubersuggest adalah tool SEO yang penggunaannya sangat sederhana. Anda cukup memasukkan kata kunci pendek atau niche anda, lalu memilih bahasa atau negara, dan alat ini akan melakukan pencarian untuk memberikan anda ide kata kunci sebanyak mungkin

Silahkan mengunjungi ubersuggest di https://ubersuggest.io/

ADWORDS KEYWORD PLANNER

Untuk menggunakan alat ini anda harus login ke akun Google anda. Di dalam adwords ada pilihan tools dan di dalam toolsnya ada KEYWORD PLANNER. Ini adalah tool SEO yang bisa anda pergunakan untuk menilai potensi trafik yang bisa anda dapatkan. Ini adalah salah satu tool yang penting jika anda mau mengukur seberapa besar potensi pasar anda dari sebuah kata kunci

Untuk lebih memahami tentang keyword planner anda bisa membaca artikel CARA MELAKUKAN RISET KATA KUNCI.

GOOGLE TREND

Jika anda menggunakan keyword planner, maka anda akan mendapatkan keyword yang mempunyai pencarian yang relatif stabil dari waktu ke waktu. Tapi ada beberapa orang yang ingin mengetahui apa saja kata kunci yang sedang trend dan menjadi viral saat ini. Untuk mengetahui itu anda harus menggunakan Google Trend.

Saat masuk ke dalam Google Trend anda akan langsung melihat topik apa saja yang sedang ramai saat ini. Anda juga bisa memasukkan sebuah niche lalu melakukan pencarian, dan setelah itu anda bisa memilih negara dari tujuan optimasi anda. Ini adalah alat yang sangat penting bagi mereka yang membuat website berita.

AHREF

Ini adalah tool untuk backlink anda. Dengan menggunakan tool ini anda bisa relatif cepat mengetahui pertumbuhan dari backlink anda dan juga sebaran kata kuncinya. Alat ini memberikan hampir semua informasi yang anda perlukan seperti jumlah halaman, jumlah domain, persentase dofollow, dan nofollow, sebaran kata kunci, dan juga lost and found backlink.
Untuk menggunakan tools ini anda harus membuat sebuat akun di ahrefs.com
--------------------------------------------------------

Tools gratis yang ada di atas pada dasarnya sudah cukup untuk mengembangkan website dengan benar.Terima kasih

elshaswoyo#72

    Choose :
  • OR
  • To comment
No comments:
Write comments